Selasa, 01 Juni 2010

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pramuka Essana

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka merupakan hal yang penting untuk dimilikiki oleh seorang yang berkecimpung dalam dunia kepramukaan. Karena dalam setiap kegiatan pramuka dimanapun akan selalu membutuhkan kecakapan pramuka. Begitu pula untuk seorang Anggota Dewan Kerja Gudep (DKG), Setiap anggota DKG harus mempunyai kecakapan pramuka. Karena ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan kerja mereka dalam mengurusi organisasi kepramukaan disekolahnya.





Pun demikian di SMP Negeri 1 Kersana. Pada tanggal 13 Mei 2010, Pramuka SMP Negeri 1 Kersana Gudep 13.087 / 13.088 yang berada di bawah bimbingan Ka SUTRISNO, S.S dengan di dampingi oleh beberapa Pembina, seperti ka Daryono, S.Pd., Ka. Agus Fredy M, ka Dhani C, Ka Rusnadi, Ka Melinda, Ka Mareta, Ka Ponirin, dan beberapa Alumni dari ESSANA, mengadakan perkemahan TKK. Di awali dengan melakukan apel pembukaan, Perkemahan TKK Pramuka SMP Negeri 1 Kersana pun resmi dibuka.




Pada kegiatan kali ini, para DKG di uji kecakapan mereka masing-masing. Hal ini dilakukan guna membekali mereka agar dapat di andalkan pada saat mereka diikut sertakan pada perlombaan Kepramukaan, baik tingkat kwaran maupun Kwarnas. Sehingga dengan ini mereka akan selalu siap jika suatu hari nanti diikutsertakan dalam berbagai lomba-lomba tentang kepramukaan.

pada kegiatan kali ini, untuk pengujiannya terbagi dalam beberapa Pos, diantaranya yaitu pos PBB, Berkebun, Ketajaman Indera, Menjahit, P3K, Menabung, mendirikan Tenda, Keamanan, serta Desain tata ruang dan tata boga. Pos pertama yaitu Pos PBB, dimana pada pos ini setiap DKG akan di uji bagaimana kecakapannya dalam hal baris-berbaris. Di pos ini yang bertugas untuk menguji kecakapan para DKG ialan Ka Agus Fredy M.

Pos yang kedua yaitu Pos berkebun, disini semua anggota DKG di ajarkan bagaimana cara mencintai Alam mereka. Sehingga dalam setiap diri anggota DKG tertanam rasa cinta alam didalam diri mereka. Mereka diajarkan bagaimana cara menanam pohon dengan baik, apa tujuannya, serta apa manfaatnya. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan sifat untuk mencintai alam, mengingat belakangan ini muncul isu global warming yang sangat meresahkan semua umat manusia di dunia.

Untuk Pos yang lainnya yaitu Pos Ketajaman Indera, di bimbing oleh Ka Rusnadi









Pos Menjahit di bimbing oleh Ka Melinda









Pos P3K dibimbing oleh Ka Dhani Casriana









Pos Menabung di bimbing langsung oleh Ka Sutrisno










Pos Mendirikan Tenda di bimbing oleh Ka Khotibul Umam










Pos Keamanan dibimbing oleh ka Banny Haruna












Dan yang terakhir adalah Pos Desain Tata Ruang dan Tata Boga dibimbing oleh Ka Mareta

1 komentar: